Website Fakultas Seni Rupa dan Designhttp://fsrd.isbi.ac.id
Email FSRD ISBI Bandungfsrd@isbi.ac.id

FSRD ISBI Bandung memiliki 3 Prodi saat ini yaitu:

-Prodi Seni Rupa Murni

Jenjang Pendidikan: S1
Gelar Pendidikan: S.Sn
Kompetensi: 1. Seni Patung, 2. Seni Lukis Jumlah
Jumlah SKS: 144 SKS
Masa Studi: 4 Tahun (8 Semester)
Akreditasi :

Deskripsi Prodi Seni Rupa Murni

Prodi Seni Rupa Murni merupakan keprofesian seni pada penguasaan  bidang seni lukis, dan seni patung. Serta mampu mewujudkannya dalam bentuk karya seni rupa yang bersumber pada nilai-nilai budaya Nusantara secara revitalisasi, reinterpretasi, dan  ekspresi simbolik.

Sejarah Prodi Seni Rupa Murni

Prodi Seni Murni adalah merupakan program pengembangan dari Seni Rupa. Prodi ini lahir melalui proses pengusulan sejak tahun 2006-2007, kemudian ditindaklanjuti lebih intensif sejak tahun 2008, Pada akhirnya keluar surat ijin operasionalnya prodi ini pada 13 Januari 2011.

-Prodi Kriya Seni

Jenjang Pendidikan: D3
Gelar Pendidikan: A.Md. Sn. (Ahli Madya)
Kompetensi: 1. Tata Laksana Pentas (Desain Pentas), 2. Tata Laksana Kriya (Seni Kriya), 3. Tata Laksana Grafis (DKV)
Jumlah SKS: 114 SKS
Masa Studi: 3 Tahun (6 Semester)
Akreditasi: B (BAN-PT No. 375/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/IX/2014)

Deskripsi Prodi Kriya Seni

Kriya seni memiliki visi sebagai jurusan yang berjati diri, berkualitas, dan berdaya saing dalam skala lokal, nasional dan global. Adapun misi jurusan Kriya Seni adalah (a) Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang kriya seni, untuk memperkokoh identitas dan karakter budaya bangsa; dan berperan aktif dalam mewujudkan ketahanan budaya. (b) Memberdayakan kriya seni, secara kreatif dan inovatif dengan menonjolkan aspek keunikan dan keberagaman dalam bentuk karya seni dan kajian, (c) Membangun sumber daya manusia yang ahli dibidang kriya seni, memiliki keunggulan dan kemampuan bersaing dalam bidang seni pentas, seni grafis dan seni kriya secara profesional. (d) Menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholders di bidang kriya seni, dalam lingkup lokal, nasional, dan internasional.

Sejarah Prodi Kriya Seni

Jurusan Kriya Seni ISBI Bandung merupakan peningkatan status dari Program Studi Kriya Seni STSI Bandung. Penyelenggaraan jurusan ini dibawah naungan Dirjen Dikti Kemenristek Republik Indonesia berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 186/Dikti/Kep/1997 yang memuat tentang pembentukan program D-III Kriya Seni.

Pada awalnya, Program Studi ini membuka dua minat utama yakni Tata Rupa Panggung dan Tata Rupa Busana. Pada tahun 2000 diberlakukan kurikulum hasil revisi dengan menambah satu minat utama lagi yakni Tata Grafis. Tahun 2002, Program Studi Kriya Seni mempertajam dan memperluas peminatan dengan mengganti nama minat utama menjadi minat utama Desain panggung, Desain Busana dan Desain Grafis. Pada Tahun 2011 ketiga minat utama ini berubah lagi menjadi Tata Pentas, Tata Grafis dan Tata Busana. Sejak tahun 2013 peminatan tata Busana dinonaktifkan karena dibentuk prodi baru D4 Tata Rias dan Busana. Berdasarkan revisi kurikulum Program Studi D3 Kriya Seni tahun 2016, mulai tahun 2017 di Jurusan D3 Kriya Seni terdiri tiga minat utama yaitu Tata Laksana Pentas (Desain Pentas), Tata Laksana Kriya (Seni Kriya) dan Tata Laksana Grafis (DKV).

-Prodi Rias dan Busana

Jenjang Pendidikan: D4
Gelar Pendidikan: S.Tr.Sn
Kompetensi: 1. Tata Busana, 2. Tata Pentas, 3. Tata Grafis
Jumlah SKS: 146 SKS
Masa Studi: 4 Tahun (8 Semester)
Akreditasi:

Deskripsi Prodi Rias dan Busana

Sejarah Prodi Rias dan Busana

Program Studi Rias dan Busana Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia pada tingkat diploma dibidang Rias dan Busana.  Berdasarkan Surat Mandat dari Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dengan nomor : 455/E/2011 tanggal 6 April 2011, selanjutnya dilakukan berbagai persiapan seperti penyusunan kurikulum, buku panduan akademik, panduan tugas akhir mahasiswa, pembuatan bahan ajar, dan penyusunan struktur organisasi. Kegiatan operasional penyelenggaraan pendidikan Program Studi Rias dan Busana Jenjang Diploma IV (D-4), berdasarkan Kemendikbud Republik Indonesia, Nomor : 149/E/O/2012, tanggal 27 April 2012. Selanjutnya Program Studi Rias dan Busana STSI Bandung pada tahun Akademik 2012/2013 secara resmi menerima mahasiswa baru angkatan pertama.