Berita ISBI Bandung

Rektor ISBI Bandung Live di Program Kalawarta TVRI Jawa Barat: ISBI Bandung menjadi Garda Depan menjaga Ketahanan Budaya

Kamis (3/10) pukul 08.00 WIB, Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung menjadi narasumber LIVE pada Program Kalawarta di TVRI Jawa Barat. Acara tersebut membahas Sinergitas  ISBI Bandung dengan masyarakat sesuai tema pada Dies Natalis ke-51 ISBI Bandung yang akan dilaksanakan pada tanggal 5, 7, 8 dan 9 Oktober 2019. Rektor hadir pada segmen kedua di program Kalawarta yang melestarikan budaya dan kesenian ini dan dikemas menggunakan bahasa Sunda.

Rektor ISBI Bandung Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum menyampaikan bahwa peran perguruan tinggi seni menjadi garda depan untuk menjaga ketahanan Budaya dengan melestarikan serta rekontruksi seni budaya sebagai tugas utama ISBI Bandung. Kurikulum ISBI Bandung sebagai bukti  dalam menjaga nilai-nilai budaya Sunda dan Nusantara. Sinergitasi ISBI Bandung dengan masyarakat dapat dilihat dari hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 40 (empat puluh) Hari, mahasiswa diterjunkan untuk meneliti, mengangkat, seni budaya yang hampir punah.  Di daerah-daerah KKN mahasiswa menggali kesenian itu, dan memberikan pengarahan mengenai nilai-nilai dari tradisi tersebut kepada Masyarakat. Adapun masyarakat menganggap seni itu hanya hiburan, padahal banyak edukasi dan banyak pembelajaran di dalam seni budaya.

Melalui program Kalawarta di TVRI Jawa Barat, Rektor mengajak pemerintah pusat, kota, kabupaten serta media dan masyarakat muda bersinergi menjadikan seni budaya sebagai unggulan bangsa Indonesia sesuai dengan UU No. 5 Tahun 2017 mengenai Pemajuan Kebudayaan.

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT